.

k

SOLUSI KRISIS CAK NUR

⊆ 13.31 by makalah hukum | .

Di mata cendekiawan Nurcholis Madjid, krisis yang melanda Indonesia bukan sekadar krisis ekonomi, melainkan juga krisis multidimensi yang juga melibatkan krisis spiritual. "Oleh karena itu tidak semua yang terjadi bisa diterangkan, tapi bisa dilihat efeknya," cetus Cak Nur, panggilan akrab cendekiawan muslim kelahiran Jawa Timur ini.

Ia memberikan contoh, siapa yang menduga mantan presiden Soeharto akan jatuh secepat itu. Sambil bercanda, ia menyebutkan Soeharto mundur karena tiga George: George Hurricane, George Soros, dan George Adicondro. George yang terakhir adalah akademisi yang paling getol menerbitkan kajian praktik KKN keluarga Cendana.

Di sisi lain, kata Cak Nur, krisis yang terjadi sekarang mempunyai hikmah. Perusahaan BUMN terbukti lebih survive dari pada perusahaan-perusahaan milik konglomerat. Selain itu, mundurnya Pak Harto sebagai presiden memberikan pelajaran demokrasi kepada bangsa Indonesia. Hanya saja, untuk menegakkan transparansi dalam berbagai sendi kehidupan akan memerlukan waktu lama. "Ini 'kan perkara besar jadi tidak bisa mendadak karena ada sangkut pautnya dengan kejujuran," kata Cak Nur kepada Transparansi.

Menurut Rektor Universitas Paramadina ini, krisis yang terjadi sekarang ini harus dihadapi dengan kesabaran. Mereka yang sabar akan tanguh dalam menghadapi masalah yang lebih besar. Pasalnya, " krisis ini bukan accident, tetapi ada desain dari Tuhan," katanya.