.

k

Sistem Hukum Indonesia, Prinsip-prinsip & Implementasi Hukum di Indonesia

⊆ 17.16 by makalah hukum | .

Dalam buku yang berjumlah 137 halaman ini, dikatakan bahwa Hukum Indonesia adalah suatu kebutuhan mendasar yang didambakan kehadirannya sebagai alat pengatur kehidupan baik dalam kehidupan individual, kehidupan sosial maupun kehidupan bernegara. Kebutuhan hakiki bangsa indonesia akan ketenteraman, keadilan serta kesejahteraan (kemanfaatan) yang dihadirkan oleh sistem aturan yang memenuhi ketiga syarat keberadaan hukum tersebut menjadi sangat mendesak pada saat ini, ditengah-tengah situasi transisional menuju Indonesia baru.

Dalam buku ini dijelaskan mengenai sistem hukum sebagai bagian dari sistem norma, maupun sebagai bagaian dari sistem norma yang berlaku di Indonesia.

Sumber Hukum Indonesia adalah segala sesuatu yang memiliki sifat normatif yang dapat dijadikan tempat berpijak bagi dan atau tempat memperoleh informasi tentang sistem hukum yang berlaku di Indonesia. Sumber Hukum Indonesia adalah: Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Undang-Undang, Traktat/Treaty, Doktrin / Pendapat para ahli hukum.

Secara lengkap buku ini membahas Sistem Hukum Indonesia, diantaranya hukum kepidanaan, hukum keperdataan, hukum kenegaraan, hukum internasional, hukum agraria, hukum ada.

Buku ini tidak hanya bisa dijadikan acuan bagi mahasiswa fakultas hukum dan para praktisi hukum, tetapi juga bagi masyarakat umum.

Sistem Hukum Indonesia

Prinsip-prinsip & implementasi

Ilhami Bisri, SH, MPd

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 2004

x, 138 hlm; 21 cm

Bibliografi hlm:135